Aksi Bergizi Sesi 4 "GIZI SEIMBANG"

Foto untuk : Aksi Bergizi Sesi 4 "GIZI SEIMBANG"
Share

Kesehatan dan gizi remaja merupakan aspek penting dalam kehidupan remaja yang menjadi landasan siklus kehidupan manusia. Permasalahannya sangat kompleks dan beragam, namun sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Diperlukan materi dengan metode pembelajaran interaktif untuk mengajak remaja memahami permasalahan ini dengan lebih baik. Dengan “Aksi Bergizi” topik kesehatan dan gizi disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan remaja.

Asupan gizi yang optimal, baik dalam hal kuantitas maupun kualitas, sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan yang optimal. Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Terdapat 4 (empat) prinsip gizi seimbang, yang umum dikenal sebagai 4 (empat) Pilar Gizi Seimbang, yaitu :
1. mengkonsumsi aneka ragam pangan;
2. membiasakan perilaku hidup bersih;
3. melakukan aktivitas fisik;
4. memantau berat badan secara teratur
Selain empat pilar diatas, terdapat juga 10 (sepuluh) Pesan Gizi Seimbang yang berlaku secara umum untuk berbagai lapisan masyarakat dalam kondisi sehat dan bertujuan untuk mempertahankan hidup sehat.

Aksi Bergizi ini dilaksanakan di 10 Sekolah setara SMP dan SMA Sederajat. Dari beberapa sekolah sudah pada sesi 3 dan 4 dari 36 sesi. SMPN 1 Labuapi yang termasuk dari 10 Sekolah Pilot Project Gizi remaja ada pada sesi 4. Sesi 4 ini diawali dengan sarapan bersama dan minum TTD (Tablet Tambah Darah) kemudian dilanjutkan dengan literasi menggunakan Modul Aksi Bergizi, yang menggali pemahaman peserta didik tentang gizi seimbang, termasuk 4 Prinsip Gizi Seimbang dan 10 Pesan Gizi Seimbang, yang sudah dan belum dilaksanakan secara rutin dalam keseharian mereka melalui permainan "sumpit dan bola".
Di akhir sesi, peserta didik didorong untuk mempertahankan dan meningkatkan praktik keseharian mereka terkait gizi seimbang.

deQAstie

Sambutan