Berayan dan Begibung melalui Aksi Bergizi untuk Generasi Milenial

Foto untuk : Berayan dan Begibung melalui Aksi Bergizi untuk Generasi Milenial
Share

Kabupaten Lombok Barat adalah salah satu dari 10 Kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat dengan jumlah sekolah setara SMA adalah 149 sekolah dan sekolah setara SMP sebanyak 200 sekolah.

pada tahun 2019, 48 sekolah setara SMA dan SMP sudah menerapkan Aksi Bergizi di Sekolah. 48 Sekolah Tersebut, menerapkan budaya dan kearifan lokal "Berayan dan Begibung" melaui Aksi Bergizi di Sekolah Mereka. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membangun suasana sarapan yang menyenangkan disekolah mengingat sebagian besar remaja tidak terbiasa untuk sarapan.

“Berayan” yang artinya makan bersama disuatu tempat dengan membawa makanan masing-masing dan terjadi pertukaran menu diantara mereka sedang kan “Begibung” adalah sebuah trasdisi makan bersama dalam satu wadah yang biasanya dilakukan pada acara Rowah/begawe. Dengan memasukakn nilai-nilai budaya ini kedalam kegiatan aksi bergizi di sekolah, dirasakan dapat mendekatkan hubungan baik antar siswa maupun dengan guru.

Disamping itu, dengan sarapan bersama ini dapat meningkatkan konsumsi tablet tambah darah pada remaja di sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan Satu Minggu Sekali dan diikuti dengan Minum Tablet Tambah Darah Bersama serta Literasi. Dan dengan dukungan Bupati Lombok Barat, telah dikeluarkannya Peraturan BUpati Nomor 49 Tahun 2019 tentang Aksi Bergizi di satuan pendidikan, dan komitmen 3 dinas terkait yaitu DInas Pendidikan dan Kebudayaan, DInas Kesehatan serta Kantor Kementrian agama Kabupaten Lombok barat. sehingga diharapkan BERAYAN DAN BEGIBUNG MELALUI AKZI BERGIZI ini bisa berjalan di seluruh sekolah yang ada dikabupaten lombok barat.

 

Sambutan