GELIAT POSYANDU DI DESA GOLONG KECAMATAN NARMADA

Foto untuk : GELIAT POSYANDU DI DESA GOLONG KECAMATAN NARMADA
Share

Gerung 05 Juni 2020. Menuju New Normal di Kabupaten Lombok Barat, Desa Golong Kecamatan Narmada yang merupakan wilayah kerja Puskesmas Sedau mengawali pelaksanaan posyandu rutin pada awal bulan Juni 2020 yang sempat terhenti sejak pertengahan bulan Maret sampai dengan Mei 2020.


Sebelum pelaksanaan posyandu pihak Puskesmas melakukan koordinasi lintas program dan lintas sektor dengan melibatkan Kepala Desa, PKK Desa, Kepala Dusun, PKK Dusun dan Pecalang agar posyandu dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Pihak Desa menyediakan APD berupa masker kain kepada kader untuk mendukung pelaksanaan posyandu serta pembagian tugas kepada Kadus, Pecalang (Polisi Adat), Babinsa dan Bimaspol untuk mengatur sasaran agar mematuhi protokol kesehatan yang sudah di tentukan. 


Pengaturan di mulai sejak sasaran datang, selama pelanyanan hingga sasaran selesai mendapatkan pelayanan dan pulang. Pengaturan berupa cuci tangan pakai sabun ketika tiba di posyandu dan setelah mendapatkan pelayanan, memakai masker dan jaga jarak. Dalam pelayanan pun diatur dengan setiap sepuluh sasaran diberikan pelayanan, apabila lebih mereka dipersilahkan menunggu giliran di tempat yang sudah diatur dan sediakan dengan tetap menjaga jarak.

Selain itu pihak Desa juga melengkapi posyandu dengan alat dan bahan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Semua yang bertugas menggunakan APD, disamping itu untuk mencegah penularan pengukuran Berat Badab (BB) menggunakan timbangan injak. Harapan kita semua Covid-19 segera berlalu sehingga dapat beraktivitas seperti biasa tanpa rasa takut dan was-was. 
Kita Pasti Bisa.

(MayDzaky – DeQ Astie Promkes Lobar)

Sambutan