Hindari Penyebaran, Dikes Lobar Pantau Penderita Malaria

Foto untuk : Hindari Penyebaran, Dikes Lobar Pantau Penderita Malaria
Share

Giri Menang, Senin 22 Mei 2017 – Dinas Kesehatan Lombok Barat melalui Puskesmas Gerung secara intens memantau perkembangan kondisi pasien yang beberapa waktu lalu positif Malaria. Kemarin (21/5) tim Puskesmas Gerung menyambangi pasien di kediaman mereka di Desa Kebon Ayu.

Dari delapan orang yang positif, hanya dua orang yang masih dirawat di secara intensif di RS Gerung dan Puskesmas Gerung karena kondisinya yang masih belum stabil. Sisanya menjalani rawat jalan di rumah masing-masing.

“Yang positif malaria sudah dilakukan pengobatan dan diberikan kelambu untuk melindungi pasien dari gigitan nyamuk,” ucap Afriana, anggota tim pemantau Puskesmas Gerung.

Tim pemantau rencanaya akan terus memantau dan melakukan pemeriksaan kepada pasien yang belum memeriksakan dirinya. Tidak hanya itu, tim akan menyisir warga dalam radius 100 meter dari rumah pasien yang positif malaria tersebut.

Informasi terbaru dari keluarga terdekat para pekerja, rencananya senin depan (29/5) para pekerja yang masih berada di Papua akan pulang kampung ke Desa Kebon Ayu. Untuk diketahui, warga Desa Kebon Ayu yang berangkat ke Papua sebanyak 21 orang.

Tim medis dari Puskesmas Gerung juga sudah melakukan koordinasi dengan kepala dusun dan kepala desa untuk melakukan penjemputan. “Setibanya di Lombok mereka akan langsung kita jemput dan dibawa langsung ke Puskesmas Gerung untuk di lakukan pemeriksaan RDT,” jelas tim Puskesmas Gerung. (alok/humas)

Sambutan