Lomba Sekolah Sehat SMPN 1 Labuapi Tanggal 31 Juli 2018

Foto untuk : Lomba Sekolah Sehat SMPN 1 Labuapi Tanggal 31 Juli 2018
Share

Kabupaten Lombok Barat merupakan Kabupaten yang sangat peduli akan pendidikan karena merupakan pendorong utama dalam mempercepat akselerasi pembangunan manusia lombok barat. Disamping itu, untuk mendapatkan generasi yang bekualitas, tidak hanya pendidikan saja yg perlu diperhatikan akan tetapi lingkungan sekolah juga mempunyai peranan penting dalam memberikan kenyamanan serta kesehatan dari peserta didik.

Seperti SMPN 1 Labuapi yang telah menerapkan USAHA KESEHATAN SEKOLAH, SMPN 1 labuapi yang terletak di jalan gunung pengsong Kecamatan Labuapi ini, berkerja sama dengan Dinas Kesehatan Lombok Barat, Puskesmas Labuapi, Badan Lingkungan Hidup, Balai POM, TP PKK, Kecamatan dan SKPD-SKPD lainyya yang ada di Kabupaten Lombok Barat dalam menerapkan Usaha Kesehatan Sekolah.

Pada TAHUN 2017 SMPN 1 LABUAPI DITETAPKAN SEBAGAI SEKOLAH SEHAT DAN PEDULI LINGKUNGAN BAHKAN DITUNJUK UNTUK MEWAKILI LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018. SMPN 1 Labuapi mempunyai visi unggul dalam Mutu, Cerdas, Sehat, Ramah Anak dan Berbudaya Lingkungan berdasarkan Iman dan Taqwa.

Berbagai macam program yang di terapkan oleh SMPN1 Labuapi dalam menerapkan lingkungan yang sehat untuk peserta didik antara lain adalah :

  1. Penyambutan setiap pagi yang dilakukan oleh guru piket.
  2. Memungut sampah sampai sepan kelas masing-masing.
  3. Mencuci tangan sebelum masuk kelas.
  4. Tanaman Obat Keluarga, dalam rangka membiasakan peserta didik untuk memanfaatkan pekarangan, maka mereka di ajarkan membudidayakan tanamanan obat dalam bentuk apotik hidup yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik, apabila memiliki gangguan kesehatan sebagai upaya dalam mengurangi gejala sebelum pergi ke pelayanan kesehatan.
  5. Sabtu Sehat dan Bugar, dalam rangka membiasakan peserta didik untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Untuk Hidup Sehat, peserta didik dibiasakan untuk memungut sampah sebelum masuk kelas yang diistilahkan sebagan gerakan semut.
  6. Untuk membiasakan peserta didik mengkonsumsi makanan sehat, maka dilakukan pula gerakan makan buah dan sayur di sekolah dengan harapan mereka dapat membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah dan sayur rumah.
  7. Permintaan maaf selesai mengajar, peserta didik juga diajarkan berahlakur karimah dan berkarakter positif sehingga mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain. untuk itu setiap akan mengakhiri pelajaran. para pendidik memberikan contoh untuk selalu meminta maaf kepada para siswa atas ucapan atau tindakan yang kurang berkenan selam proses belajar mengajar.
  8. Jam istirahat kelas ditutup, untuk menjaga keamanan dan membiasakan kedisiplinan peserta didik, kelas ditutup oleh ketua kelas saat jam istirahat.

 

Literasi mengaji pagi,minum tablet tambah darah satu mingu sekali, Ekstra Kurikuler berbasis lingkungan Pertamanan yaitu dengan Memanfaatkan sampah organik menjadi kompos dan sampah anorganik menjadi ecobrick, dan masih banyak lagi program2 unggulan SMP1 Labuapi yang menjadi SMP1 Model UKS ini (By VQ).

Sambutan