PERLOMBAAN ANTAR SEKOLAH di KABUPATEN LOMBOK BARAT ‘’AKSI BERGIZI UNTUK REMAJA INDONESIA’’

Foto untuk : PERLOMBAAN ANTAR SEKOLAH di KABUPATEN LOMBOK BARAT ‘’AKSI BERGIZI UNTUK REMAJA INDONESIA’’
Share

Taman Budaya Narmada  - Senin, 27 Januari 2020, UNICEF Indonesia dan SEAMEO RECFON sejak tahun 2018 telah memberikan dukungan teknis kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam mengembangkan model intervensi untuk peningkatan status gizi dan kesehatan remaja. Pelaksanaan model intervensi ini dilakukan SMP dan SMA sederajat melalui 3 (tiga) komponen utama kegiatan, yakni sarapan bersama dan suplementasi tablet tambah darah; literasi gizi dan kesehatan remaja di sekolah; serta komunikasi perubahan sosial dan perilaku (social behavior changes communication/SBCC).

Komponen SBCC memanfaatkan kekuatan komunikasi untuk memberdayakan para remaja dengan pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat mengacu pada 3 (tiga) pesan Aksi Bergizi yaitu : (1) cegah dan control anemia; (2) makan sehat; dan (3) aktivitas fisik. Salah satu strategi SBCC ditingkat sekolah adalah mobilisasi sekolah melalui kegiatan yang menarik dengan partisipasi aktif peer support group (Remaja Aksi Bergizi), seluruh siswa, guru, kepala sekolah dan komunitas sekolah lainnya.  Setiap sekolah sudah membuat rencana aksi kegiatan mobilisasi sekolah dengan jenis kegiatan serta waktu pelaksanaan kegiatan yang dirancang dengan mempertimbangkan sumberdaya yang ada serta minat sekolah. Hingga saat ini, beberapa sekolah sudah menjalankan kegiatan mobilisasi ini, seperti jalan sehat, Market Day, lomba masak, lomba olahraga, lomba tumpeng gizi seimbang, dan lainnya.  

Sebagai rangkaian kegiatan  social behavior changes communication/SBCC dari Aksi Bergizi di Kabupaten Lombok Barat, tim SEAMEO RECFON dan UNICEF Indonesia pada Senin 27 Januari 2020 bertempat di Gedung Seni dan Budaya Narmada Kecamatan Narmada, menyelenggarakan kegiatan penjurian akhir dan pengumuman juara Lomba Antar Sekolah/Madrasah dengan tema AKSI BERGIZI UNTUK REMAJA INDONESIA.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi bagi Sekolah/Madrasah sebagai media bagi remaja Aksi Bergizi untuk menerapkan hasil pelatihan yang sudah mereka dapat sebelumnya, serta menjalankan peran mereka untuk merancang dan menjalankan kegiatan serta menggerakkan teman-teman di sekolah agar berpartisipasi aktif; media untuk menyebarluaskan pesan kunci Aksi Bergizi; dan mendorong serta membangkitkan semangat sekolah untuk menjalankan kegiatan mobilisasi sekolah sesuai rencana aksi yang sudah dibuat.

Peserta lomba adalah siswa SMP, SMA, SMK, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah dari Sekolah/Madrasah Aksi Bergizi di Kabupaten Lombok Barat.
Kategori lomba sebagai berikut :

1.    Lomba Vlog

2.    Lomba Yel-Yel
3.    Kategori khusus

    a. Sekolah dengan kegiatan sarapan bersama dan minum TTD terbaik

    b. Sekolah dengan kegiatan Mobilisasi Sekolah terbaik.

    c. Sekolah dengan kegiatan literasi di kelas terbaik.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat drg. Ni Made Ambaryati, M. Kes. mengharapkan gerakan Aksi Bergizi tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah setingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MA saja, tetapi dapat dilaksanakan sejak jenjang TK/PAUD/RA.

Sambutan