PERTEMUAN PENYUSUNAN RENSTRA DINAS KESEHATAN KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2019 - 2024

Foto untuk : PERTEMUAN PENYUSUNAN RENSTRA DINAS KESEHATAN KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2019 - 2024
Share

GERUNG,  17 – 18 OKTOBER 2019
            
Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat merupakan penjabaran teknis dibidang kesehatan dari visi, misi, dan program Bupati Lombok Barat terpilih yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM Nasional) Bidang Kesehatan dan Rencana Strategis Dinas Kesehatan Propinsi Nusa Tenggara Barat. Rencana Strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019-2024 memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan bidang kesehatan sesuai dengan tugas dan fungsi  Dinas Kesehatan.

Tidak terkecuali Puskesmas pun harus menyusun Renstra agar Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik dan berkesinambungan dalam mencapai tujuannya. Renstra yang dibuat oleh Puskesmas mengacu pada Permenkes Nomor 44 Tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas. Puskesmas merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, akan mengacu pada kebijakan pembangunan kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota bersangkutan, yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) dan Rencana Lima Tahunan Dinas Kesehatan Kabupaten. Renstra Puskesmas atau Renstra BLUD adalah Dokumen Perencanaan Untuk Periode 5 Tahunan yang disusun untuk menjelaskan strategi pengelolaan BLUD dengan mempertimbangkan alokasi sumber daya dan kinerja dengan menggunakan Teknik Analisis Bisnis

Renstra di Puskesmas disusun berdasarkan kaidah-kaidah : indikator mengacu pada indikator Dinas Kesehatan Kabupaten yang disesuaikan target dan sasarannya; indikator dapat mengakomodir kekhasan wilayah setiap Puskesmas; indikator kinerja Puskesmas terkategori indikator kegiatan; pendanaan setiap indikator menggunakan perhitungan anggaran SPM; dan seluruh indikator diupayakan tercapainya positif maksimal pada akhir periode (tahun 2024). 

Untuk dapat tersusunnya Renstra yang berjenjang dari Dinas Kesehatan  Kabupaten Lombok Barat sampai ke Puskesmas dipandang perlu dilakukan dilakukan koordinasi dan sinkronisasi di lingkungan dan jajaran Dinas Kesehatan. Pertemuan Penyusunan Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat dan Renstra BLUD Puskesmas yang dilaksanakan selama 2 hari sejak Kamis sampai dengan Jumat, 17 – 18 Oktober 2019 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat dihadiri oleh masing-masing KTU (Kepala Tata Usaha) dan  Perencana BLUD Puskesmas Se-Kabupaten Lombok Barat; KTU dan Perencana BLUD Rumah Sakit Awet Muda Narmada; serta dari masing-masing Bidang yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat.

Sambutan