RAKOR EVALUASI ANGGARAN 2018 DAN RENCANA KERJA 2019 DINAS KESEHATAN KABUPATEN LOMBOK BARAT

Foto untuk : RAKOR EVALUASI ANGGARAN 2018 DAN RENCANA KERJA 2019 DINAS KESEHATAN KABUPATEN LOMBOK BARAT
Share

Sebagai SKPD yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan pembangunan kesehatan di Kabupaten Lombok Barat, maka Dinas Kesehatan harus mampu merencanakan program/kegiatan pembangunan yang komperehensif melibatkan seluruh sumberdaya yang tersedia (tenaga, sarana dan biaya) dalam rangka pencapaian visi dan misi Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat. Inti dari Rapat Koordinasi kali ini adalah untuk mengevaluasi kegiatan dan anggaran tahun 2018 serta mengsinkronisasikan dan mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja tahun 2019.

Dalam rangka peningkatan mutu pelaksanaan program dan kegiatan, maka kuantitas dan kualitas merupakan suatu keharusan karena pelaksanaan program dan kegiatan yang bermutu merupakan bagian dari akuntabilitas, dengan menggunakan prinsip yang tidak memberi peluang untuk merubah konsep dan implementasi perencanaan, besaran anggaran pelaksanaan maupun sasaran. Guna mencapai akuntabilitas terhadap pelaksanaan program dan kegiatan, diperlukan suatu monitoring dan evaluasi sebagai wahana kontrol dan pengendalian program mulai dari proses perencanaan, implementasi, hingga outcome yang diharapkan dengan menggunakan suatu aturan, ukuran dan kriteria sebagai indikator keberhasilan suatu kagiatan dan perencanaan.

Fungsi perencanaan telah dilakukan dengan cukup baik di lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat dengan instrument perencanaan yang terintegrasi melibatkan lintas sektoral yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam program kesehatan. Dan secara internal diaplikasikan dalam bentuk fasilitasi penyusunan Rencana Kerja (RENJA) Dinas Kesehatan dengan semua program terkait (lintas program) dan puskesmas sehingga semua sumber daya terutama dana dapat terdistribusi dengan baik.

Melalui kegiatan ini diharapkan setiap bidang maupun UPTD lingkup Dinas Kesehatan dapat memaparkan progres penyerapan anggaran untuk tahun 2018, dapat pula menjelaskan kendala dan tantangan yang dihadapi sehingga dapat diberikan masukan lebih lanjut untuk menghadapi permasalahan yang ada serta diberikan saran untuk pelaksanaan kegiatan tahun depan. Awalilah setiap pekerjaan dengan perencanaan yang baik, karena gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan. Akhirnya, masing-masing bidang maupun UPTD dapat menyusun strategi dan rencana kerja untuk tahun 2019. (Datin).

Sambutan