Rapat Koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat Tahun 2018

Foto untuk : Rapat Koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat Tahun 2018
Share

Terdapat 3 isu Nasional Kesehatan yang menjadi perhatian untuk segera diselesaikan antara lain adalah Stunting,TBC dan Imunisasi.

Stunting menjadi salah satu perhatian Presiden Joko Widodo yang diungkapkan pada Rakerkesnas Tahun 2017 lalu. Banyak faktor yang menyebabkan stunting diantaranya adalah faktor ibu yang Kurang Nutrisi di masa remajanya, masa kehamilan, pada saat menyusui, infeksi pada ibu serta faktor-faktor lainnya. 


Terkait dengan TBC Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes Siswanto menyebutkan berdasarkan studi Global Burden of Disease, TBC menjadi penyebab kematian ke dua di dunia. Sedangkan masalah imunisasi, Kejadian Luar Biasa (KLB) DIFTERI dan campak yang baru-baru ini terjadi membuat pemerintah harus kembali menganaliisa terkait cakupan imunisasi yang telah dilakukan, mutu dan kualitas vaksin yang ada, serta kekuata surveilans di berbagai daerah.  

Ke tiga hal tersebut mendorong Pemerintah Daerah Khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat melalui forum RAKOR yang dipimpin Oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat Drs.H.Rachman Sahnan Putra,M.Kes beserta seluruh Pejabat Eselon III dan Eselon IV di lingkup Dinas Kesehatan dan Puskesmas Se-Kabupaten Loambok Barat. 


Disamping itu Forum Rakor yang diselanggarakan 4 sampai dengan 5 april Tahun 2018 di Hotel Lombok Plaza Mataram  di hadiri juga oleh Koordinator Gizi, Koordintor Imunisasi, Koordintor TB dan Koordintor Bidan  setiap Puskesmas. Forum RAKOR ini berupaya mengidentifikasi masalah dan menyusun upaya dalam rangka percepatan Penurunan Stunting, Eleminasi Tuberculosis dan peningkatan Cakupan serta mutu Imunisasi. Sehingga terbentuk RENCANA AKSI DAERAH (RAD) Kabupaten Lombok Barat 2019.

Sambutan