SOSIALISASI PROTOKOL KESEHATAN DI MASA TRANSISI MENUJU ADAPTASI TATANAN BARU BAGI DA’I KESEHATAN

Foto untuk : SOSIALISASI PROTOKOL KESEHATAN DI MASA TRANSISI MENUJU ADAPTASI TATANAN BARU BAGI DA’I KESEHATAN
Share

GERUNG KAMIS 25 JUNI 2020

Di masa pandemi COVID-19, pemutusan rantai penularan COVID-19 bukan hanya menjadi tugas dan tanggungjawab dari pemerintah saja tetapi sangat diharapkan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat serta melibatkan seluruh mitra pemerintah. Salah satu mitra pemerintah adalah da’i kesehatan yang memiliki peran yang  sangat strategis sebagai penggerak masyarakat.  Para Da’i dapat mengambil peran dalam pencegahan COVID-19, penanganan dan masa pemulihan pasca pasien COVID-19. Da’i sebagai salah satu tokoh agama mempunyai peranan sangat penting disaat banyaknya kasus positif dikalangan jamaah. Dalam masa transisi menuju Adaptasi Kebiasaan Baru atau disebut juga dengan era Adaptasi Tatanan Baru, dimana masyarakat sudah mulai diperbolehkan untuk beraktifitas, ada beberapa protokol kesehatan diberbagai tatanan yang harus dipatuhi. Protokol Kesehatan ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat luas melalui berbagai mitra kesehatan, termasuk Da’i Kesehatan.

Sehubungan dengan hal tersebut pada hari Rabu (24/6) Dinas Kesehatan Provinsi NTB melaksanakan webinar Sosialisasi  Protokol Kesehatan Pada Masa Transisi Adaptasi Tatanan Baru Kepada  Da’i Kesehatan se-NTB  dalam rangka pencegahan penyebaran dan penanganan COVID-19 di Provinsi NTB. Untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat berkesempatan mengikuti webinar empat orang Da’i Kesehatan yaitu TGH. Ilham Yusran Ibrahim (Ketua); Ustadz Amrul Jihadi, S. Ag. (Sekretaris); TGH. Azhar Rosyidi, M. Pd. (Wakil Ketua) dan TGH. Ilman Maududi, M.Pd. (Bendahara) di Aula Dikes Lobar, sedangkan Puskesmas Narmada; Puskesmas Gunungsari; Puskesmas Kuripan; Puskesmas Labuapi; Puskesmas Jembatan Kembar dan Puskesmas Sedau masing-masing mengikuti webinar di Puskesmas masing-masing. 

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp. A. menyampaikan materi tentang situasi terkini Covid-19 di Provinsi NTB; Protokol Tatatan Baru serta Peran Dai dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Provinsi NTB. 


(DeQ Astie – Promkes Dikes Lobar)

Sambutan