SUMPAH PROFESI HIMPUNAN AHLI KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA (HAKLI)

Foto untuk : SUMPAH PROFESI HIMPUNAN AHLI KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA (HAKLI)
Share

Sanitarian merupakan tenaga profesional di bidang kesehatan lingkungan yang memberikan perhatian terhadap aspek kesehatan lingkungan Air, Udara, Tanah, Makanan dan Vector Penyakit, Melakukan pengawasan terhadap kawasan perumahan, tempat-tempat umum, tempat kerja, industri, Limbah,  radiasi, transportasi dan matra. Kegiatan bidang Kesehatan Lingkungan memberikan andil dalam penuntasan berbagai penyakit berbasis lingkungan. 


Salah satu program nasional bidang kesehatan yaitu penuntasan kasus stunting, kegiatan-kegiatan kesling sangat berkontribusi dalam menekan angka kasus stunting, Salah satu kerugian yang ditimbulkan adalah menurunnya kualitas SDM dan meningkatnya penyakit-penyakit tidak menular. Demikian beberapa arahan yang disampaikan oleh Kepala Bidang P2PL, Faisal Sirajudin, S.KM., MM. sekaligus sebagai Ketua HAKLI Kabupaten Lombok Barat, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat yang berhalangan hadir karena mendampingi tim Surveior Pusat untuk kegiatan reakreditasi Puskesmas Kuripan setelah acara penyumpahan di laksanakan.


Pengambilan sumpah Sanitarian ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 25 September 2019 bertempat di aula kantor Dinas kesehatan Kabupaten Lombok Barat dengan jumlah sanitarian yang disumpah sebanyak 70 orang yang berasal dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, RSUD Tripad Gerung, RSUD Awet Muda Narmada bahkan di ikuti juga oleh peserta dari RSUD Kota Mataram sebanyak 4 (empat) orang.

Bertindak sebagai pengambil sumpah adalah ketua HAKLI Provinsi NTB (H.Ali Wardana, S.KM.,M.Si) sebagai rohaniawan dari Depag Lombok Barat ; H. Rohadiawan, S.Kom (Rohaniawan Agama Islam) dan Ni Wayan Sutini, M.PdH (Rohaniawan Agama Hindu)
 

Sambutan