TP PKK LOMBOK BARAT SERAHKAN BANTUAN PAKET GEMARIKAN DI KECAMATAN LEMBAR

Foto untuk : TP PKK LOMBOK BARAT SERAHKAN BANTUAN PAKET GEMARIKAN DI KECAMATAN LEMBAR
Share

Gerung Jumat, 19 Juni 2020. Tim Penggerak PKK Provinsi NTB yang diwakili oleh Wakil Ketua III Ibu Ir. Esra P. Batubara, bersama Ketua TP PKK Lombok Barat Ibu Hj. Khaeratun Fauzan Khalid dan Wakil Ketua III Ibu Hj. Nurhikmah Baehaqi  bertempat di Kantor Desa Lembar Selatan pada Kamis (18/6) mendistribusikan 600 Bantuan Paket Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan) yang diperuntukkan masing-masing pada empat posyandu di tiga desa di wilayah Kecamatan Lembar yaitu Desa Lembar, Desa Lembar Selatan dan Desa Jembatan Kembar Timur, setiap desa menerima 200 paket. Paket bantuan ini berupa abon ikan; kerupuk ikan; tortilla rumput laut; bakso ikan; stik rumput laut dan terasi udang, yang diberikan kepada Ibu Hamil, anak stunting/gizi sangat kurang. 

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dikes Lobar dan Pemimpin UPT BLUD Puskesmas Jembatan Kembar. Selain penyerahan Bantuan Paket Gemarikan pada kesempatan tersebut aparatur Desa dan unsur TP PKK Desa yang hadir juga mendapatkan “Pelatihan Berkebun Sayuran Hydroponik System AJB” dengan narasumber dari Tim Penggerak PKK Provinsi NTB.

Dalam sambutannya Ibu Khaeratun mengatakan, masyarakat Lombok Barat dimasa Pandemi Covid -19 ini harus benar-benar memperhatikan kesehatan diri dan keluarga, terutama berusaha mencegah untuk tidak terpapar dengan Covid-19 dengan cara memperhatikan gaya hidup sehari-hari yang memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan, salah satunya dengan membiasakan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak (physical distancing) serta mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang salah satunya pemenuhan zat gizi yang bersumber dari ikan. Beliau mengatakan dengan Paket Gemarikan yang diberikan, kader dan unsur PKK Desa bisa menjadi contoh dan meneruskan kepada keluarga-keluarga di desa masing-masing bagaimana cara mengolah ikan sehingga keluarga terutama anak-anak menjadi suka makan ikan. Dengan adanya Pelatihan Berkebun Sayuran Hydroponik System AJB ini diharapkan bagi keluarga-keluarga yang tidak memiliki halaman yang cukup luas bisa memenuhi kebutuhan sayur mayur dengan memanfaatkan media pasir untuk konsumsi sehari-hari.

Sementara itu Ibu Esra berharap ibu-ibu Desa Lembar Selatan yang masyarakatnya sebagian besar mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan, bisa mengolah ikan-ikan hasil tangkapan bapak-bapak berupa bakso ikan, sate ikan, nugget, stik ikan dan sebagainya sehingga tidak dijual saja, dan penyajian untuk keluarga terutama anak-anak tidak berupa satu macam olahan saja sehingga anak-anak jadi gemar makan ikan. Selanjutnya beliau juga berpesan dengan Pelatihan Berkebun Sayuran Hydroponik System AJB pemenuhan kebutuhan sayur mayur keluarga tercukupi dan kendala bertanam hydroponik yang biasanya membutuhkan air yang cukup dan listrik bisa teratasi, karena dengan hydroponik system AJB ini bercocok tanam dengan media pasir, sehingga ketahanan pangan di dalam keluarga tercukupi. Hydroponik System AJB juga bisa memanfaatkan ember, bak dan bekas kemasan minyak goreng.  

(DeQ Astie – Promkes Dikes Lobar)

Sambutan