WORKSHOP PENYUSUNAN SOP SIK

Foto untuk : WORKSHOP PENYUSUNAN SOP SIK
Share

Proyek Global  Fund  Health  Systems  Strengthening  (GF-HSS) merupakan proyek penguatan sistem kesehatan, khususnya pada komponen Sistem Informasi Kesehatan/SIK dan Supply Chain Management/SCM (Tata Kelola Obat dan Perbekalan Kesehatan).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan hasil Self Assessment, terdapat beberapa isu strategis   yang   menjadi   prioritas   masalah   dan   perlu   mendapatkan intervensi dari proyek Global Fund Health Systems Strengthening. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman terkait peraturan tentang pentingnya Standart Operating Prosedure (SOP)  sehingga pada beberap puskesmas belum menuangkan dalam bentuk dokumen sah.

Penyusunan sebuah standar operating system sudah menjadi kewajiban setiap pelayanan yang dilakukan, termasuk juga system informasi kesehatan. Meskipun pada tahun 2012 lalu pernah disusun beberapa SOP terkait pelaporan dan pengumpulan data dari puskesmas, namun seiiring pergantian  kebijakan  maka  diperlukan  adanya  perubahan  perubahan yang  cukup  mendasar, oleh  karenanya  diperlukan  penyusunan  SOP terkait Sistem Informasi Kesehatan baik yang dilakukan oleh UPTD Data dan Informasi maupun di Puskesmas.

Tujuan pembuatan SOP adalah untuk menjelaskan perincian atau standar tetap mengenai aktivitas pekerjaan yang berulang-ulang yang diselenggarakan. Tentunya penyusunan SOP ini didasarkan pada aturan yang berlaku, misalnya PP SIK, pedoman SIK atau Peratuan lain yang mengatur tentang SOP SIK secara khusus.

Sambutan