LOGO dikes
Beranda > Berita > Gandeng Organisasi Profesi Tangani Tbc Dengan Membuat Kopi "Tb" Di Lombok …
Berita Utama

GANDENG ORGANISASI PROFESI TANGANI TBC DENGAN MEMBUAT KOPI "TB" DI LOMBOK BARAT

Posting oleh dikeslobar - 4 Agu 2022 - Dilihat 363 kali

Gerung, 3/8/2022 - Dinas Kesehatan Lombok Barat melalui Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) mengadakan rapat dengan berbagai Pengurus Organisasi Profesi Kesehatan di Lombok Barat untuk mengambil langkah bersama optimalkan penanggulangan kasus penyakit Tuberculosis (TBC) di Lombok Barat.

Dalam diskusi tersebut Dinas Kesehatan bersama perwakilan organisasi profesi sepakat membentuk Tim Penanggulan TBC dalam bentuk Koalisi Organisasi Profesi yang di istilahkan dengan KOPI TB (Koalisi Organisasi Profesi untuk Penanggulangan Penyakit TBC) di Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat Arief Suryawirawan,SSi,Apt,MPH dalam dalam arahnnya mengharapkan agar Tim Penanggulangan TBC ini segera dibentuk sebagai upaya untuk meningkatan penjaringan kasus TBC di Lombok Barat.

Kepala Bidang P3PL dr. H.Ahmad Taufik Fathoni, dalam peparannya memberikan gambaran tentang kejadian kasus TBC di Lombok Barat yang menurutnya masih perlu upaya lebih keras untuk mencapai target-target program TBC tersebut. Dari data yang ada tergambar bahwa penemuan kasus pada tahun 2022 sampai triwulan II sebanyak 530 kasus dari target 2.513 kasus (TC= 21,11%) dari target 80%, dan succses rate (SR) = 50 % dari target 90%. Kondisi ini masih jauh dari target, sehingga menurutnya juga sangat berharap Tim Kopi TBC ini dapat dibentuk dan secara optimal nantinya dapat membantu penanganan kasus TBC di daerah ini.

Setelah melalui proses diskusi dengan berbagai Organisasi profesi Kesehatan yang hadir maka disepakati untuk segera membentuk Koalisasi Organisasi Profesi KOPI TB yang akan diperkuat dengan SK Bupati yang akan bekerja dalam Penanggulangan TBC untuk mencapai target-target di tahun 2022. Pengurus Organisasi Profesi di Lombok Barat yang sempat hadir dalam kegiatan ini yakni Ketua IDI, Ketua IAKMI, Ketua Patelki, sekertaris IAI, Ketua PPNI, Klinik Swasta, Dokter Praktek Mandiri, dan ketua HAKLI. Kegiatan dilaksanakan di Aual Dikes Lobar pada rabu (3/8/2022)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *