LOGO dikes
Beranda > Berita > Menkes Ri Resmikan Pustu Plus Di Puncak Gunung Aik Mual Lombok Barat
Berita Utama

MENKES RI RESMIKAN PUSTU PLUS DI PUNCAK GUNUNG AIK MUAL LOMBOK BARAT

Posting oleh dikeslobar - 27 Juni 2022 - Dilihat 285 kali

Lombok Barat, 26/6/2022 - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU meresmikan Pustu Plus yang berlokasi di Puncak Gunung Aik Mual Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar Lombok Barat. Bangunan Pustu Plus dimana juga akan berfungsi sebagai Poskesdes tersebut, dibangun oleh Yayasan Bakti Nusantara dan Founder AFC tahun 2021 lalu yang langsung di hibahkan kepada Pemda Lobar, pada sabtu (25/6/2022).

Menkes RI Budi Gunadi Sadikin, melakukan pemotongan PITA di pintu masuk Pustu plus sebagai tanda peresmian dimulainya operasional pelayanan kesehatan di Pustu Plus Aik Mual, didampingi oleh Dirjen Kesmas RI, dr. Maria Endang Sumiwi, beserta Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Bupati Lobar Hj.Sumiatun, Kadikes Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS, Kadikes Lobar Arief Suryawirawan,SSi.Apt.MPH, Ketua Yayasan Tunas Bakti Nusantara Wicahyo Ratomo, dan Founder AFC Michael Tampi.

Dalam sambutannya Menkes RI mengatakan bahwa kedepannya pembangunan kesehatan akan lebih di fokuskan pada kegiatan preventif dan promotif tanpa mengabaikan upaya kuratif, karena preventif promotif lebih murah biayanya dan bisa dilakukan oleh semua orang dengan selalu menjaga agar dirinya tetap sehat sehingga tidak jatuh sakit. Diharpakan Pustu Plus Aik Mual ini kedepannya akan bisa di integrasikan dengan kegiatan Posyandu menjadi Posyandu Prima yang merupakan inovasi baru yang saat ini sedang dimulai pelaksanaannya.Kepada Yayasan Bakti Nusantara Menkes Budi G.Sadikin berharap agar terus mengembangkan kegaiatnnya dengan membangun Pustu-pustu lainnya di pelosok nusantara ini.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah Wagub mengucapkan rasa terima kasih kepada Menteri Kesehatan, Bakti Nusantara dan AFC serta berbagai pihak terlibat yang telah membantu membangun Puskesmas Pembantu ini. Diharapkan, dengan dibangunnya Pustu dapat memberikan kontribusi yang besar dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan di Lombok Barat dan NTB secara umum.

Usai meresmikan Pustu tersebut Menkes RI meninjau beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Bakti Nusantara termasuk Posyandu Keluarga yang digelar oleh Tim Puskesmas Eyat Mayang dan Rumah Sakit Lapangan di Area Pustu Aik Mual, yang sebelumnya juga Menkes RI berkesempatan mengunjungi Puskesmas Jembatan Kembar. Pada kesempatan ini juga, Wakil Gubernur NTB menyerahkan Buku Revitalisasi Posyandu NTB kepada Menteri Kesehatan RI.

Berbagai kegiatan Bakti Nusantara termasuk pembangunan Sumber Air (sumur bor) yang diselenggarakan oleh Yayasan Tunas Bakti Nusantara adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menjadi inspirasi dalam membangun sebuah peradaban yang maju dan berkarakter, terutama bagi warga di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di pelosok Nusantara.

Kegiatan pertama kali dilaksanakan dengan membangun sebuah sekolah di Aik Mual tahun 2016 dan saat inni kembali berkegiatan di Aik Mual, semoga kedepannya lebih banyak kegiatan bakti yang bisa dilaksanakan lagi, jelas Wicahyo Ratomo dari Yayasan Bakti Nusantara. Michael Tampi dari AFC juga menyampaikan terimakasih telah diberi kesempatan berkontribusi di Aik Mual, menurutnya AFC datang untuk memberi Inspirasi bukan Publikasi, ucapnya. Michael Tampi mengungkapkan rasa terharu bahagia yang dirasakan karena dapat memberi inspirasi di lokasi pelosok Lombok Barat ini.


Tags:

Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *