LOGO dikes
Beranda > Berita > Mitigasi Bencana Bersama Bpbd Dan Basarnas Di Labkesda Lobar
Berita Utama

MITIGASI BENCANA BERSAMA BPBD DAN BASARNAS DI LABKESDA LOBAR

Posting oleh dikeslobar - 17 Agu 2022 - Dilihat 136 kali

Gerung, 4 juli 2022 - Sebagai upaya kesiap-siagaan dalam mengahdapi kemungkinan bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi, maka Tim UPT.Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Lombok Barat melakukan Workshop Mitigasi Bencana bersama Badan Penanggulanagn Bencana Daerah (BPBD) Lombok Barat dan Badan SAR Nasional (Basarnas) Mataram, di Dikes Lombok Barat pada kamis (3/8/2022)

Kegiatan ini juga sebagai bagian dari tahapan proses persiapan Akreditasi UPTD.Labkesda Lombok Barat yang akan dilakukan penilaian dalam waktu dekat ini. Kegiatan ini di buka resmi oleh Sekretaris Dikes Lobar Ns.H.Zulkifli,S.Kep,MM didampingi oleh Kepala UPTD.Labkesda Lobar yang baru Mardiana,S.ST dimana sehari sebelumnnya dilantik menggantikan pejabat lama Hermina Komalasari,ST.

Sekdis Dikes H.Zulkifli dalam arahannya menyampaikan bahwa disamping diperlukan sebagai persyaratan Akreditasi Labkesda, pengetahuan tentang Mitigasi Bencana ini juga merupakan kebutuhan karyawan, agar mengetahui resko-resiko bencana dan bahaya yang dapat menimpa karyawan maupun pengunjung Labkesda. Jika sudah mengetahui pengetahuan Mitigasi Bencana maka sewaktu-waktu jika ada bencana, karyawan dapat melakukan hal-hal yang harus dilakukan untuk menyelamatkan dirinya maupun pengunjung, agar dapat mengurangi dampak kerugian yang mungkin terjadi.

Dalam kegiatan Mitigasi bencana ini UPT.Labkesda menghadirkan Fahri Kabid Darurat BPBD selaku Narasumber yang dalam paparannya mejelaskan tentang Kaji Cepat sebuah bencana.

Narasumeber lainnya Ide Bagus Ngurah Nyoman Asrana dari Bagian Sumber Daya di BASARNAS Mataram, memaparkan tentang Peran dan Fungsi BASARNAS dalam kejadian bencana, upaya pencarian dan pertolongan serta pengetahuan lainnya terkait bencana. Dalam pemaparannya BASARNAS menggaris bawahi bahwa Tupoksinya sepesifik dalam pencarian dan pertolongn khusus Manusia saja, dengan nomor emergecy call : 115.

Kegiatan Workshop ini dihadiri oleh seluruh Karywan UPTD.Labkesda dan Tim Program Kesehatan Kerja Dikes Lobar dan kegiatannya akan dilanjutkan esok hari pada jumat 4 agustus 2022 dengan kegiatan praktek penanganan bencana, serta praktek langkah-langkah penyelamatan untuk mengurangi resiko kerugian dan dampak kejadian sebuah bencana.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *