LOGO dikes
Beranda > Berita > Ketua Tp.Pkk Lobar Mengajak Kepala Desa Untuk Berkomitmen Wujudkan 100% Po…
Ekonomi

Ketua TP.PKK Lobar mengajak Kepala Desa untuk berkomitmen wujudkan 100% Posyandu Keluarga

Posting oleh dikeslobar - 7 Juni 2021 - Dilihat 66 kali
Gerung,3 juni 2021- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Lombok Barat (Lobar) Hj. Khaeratun Fauzan Khalid menjadi key note speaker dala acara Minilokakarya Triwulan Lintas Sektor UPT.Puskesmas Dasan Tapen di Aula UPTD.Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Gerung, Lobar, Kamis (3/6/2021).
Dalam Sambutannya, Ketua TP PKK Hj. Khaeratun memaparkan pentingnya Posyandu Keluarga dikarenakan banyak program yang dapat di sosialisasikan, salah satunya seperti program membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kelurga/masyarakat. Menurutnya Posyandu keluarga merupakan program unggulan Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai inovasi dalam upaya revitalisasi Posyandu sehingga dapat memberi manfaat lebih luas bagi masyarakat.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa di Kabupaten Lombok Barat saat ini dari sejumlah 935 posyandu baru sebanyak 126 posyandu yang terlapor sebagai posyandu keluarga.Kedepannya Ketua TP.PKK Lobar mengajak seluruh lintas sektor terkait, khsusnya Kepala Desa sebagai pelaksana pemerintahan Desa untuk berkomitmen dan serius melakukan revitalisasi posyandu menjadi posyandu keluarga. Tidak tanggung-tanggung beliau mengajak kepala desa dan seluruh lintas sektor terkait untuk menjadikan seluruh posyandu yang ada saat ini menjadi 100% posyandu keluarga, sesuai komitmen yang pernah disampaikannya di depan Wakil Gubernur NTB dalam acara webinar Posyandu keluaraga beberpa waktu lalu.
Kegiatan ini dihadiri oleh Rombongan Ketua TP.PKK Lobar, Kasi Promkes Dikes Lobar,Camat Gerung,Pokjanal Posyandu Tingkat Kecamatan, Kepala instansi nivo, Kepala Desa/Lurah, Ketua BPD, Ketua TP-PKK desa, kader desa dan Tim Puskesmas dasan Tapen selaku penyelenggara kegiatan lokakarya ini.
Dalam Sambutan singkatnya Camat Gerung H. Mulyadi menjelaskan tujuan diadakannya Minilokakarya adalah untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan khususnya di bidang kesehatan yang ada di tujuh Desa dan satu Kelurahan di Wilayah Kecamatan Gerung. Dalam merasa bersyukur karena minilokakrya saat ini dihadiri langsung oleh Ketua.TP.PKK Lobar. Camat Gerung banyak memberi pesan terkait beberapa permasalahan baik di tingkat Desa atau Kecamatan, mengenai penanganan penyakit menular seperti TBC dan DBD, agar tidak terjadi lonjakan kasus dikemudian hari, beliau juga mengajak masyarakat agar tetap menerapkan PHBS dan bergotong-royong untuk menjaga kebersihan lingkungan serta ikut mendukung program vaksinisasi Lansia di Kecamatan Gerung.
Pemaparan hasil kinerja dan cakupan program kesehatan per desa di Kecamatan Gerung juga menjadi sebuah menu presentasi dalam acara tersebut oleh Kepala Puskesmas Dasan Tapen Zulhana,SKM,MM. Pemateri berikutnya Kepala Seksi Promkes Dikes lobar juga menyampaikan presentasi tentang langkah-langkah yang dapat ditemput dalam upaya revitalisasi Posyandu konvensional menjadi Posyandu keluarga yang di hajatkan menjadi 100% di akhir tahun 2021 nanti.Selanjutnya sebelum sesi diskusi dilanjutkan dengan presentasi dari Dinas PMD Lombok Barat tentang dukungan Dana Desa dalam program posyandu.
Diahir kegiatan semua peserta berkomitmen untuk mendukung upaya revitalisasi posyandu menjadi posyandu keluarga di wilayah masing-masing. Dalam sesi penutupan Kepala Puskesmas dasan tapen menyampaikan harpannya agar usai lokakarya ini, masing-masing desa melakukan lokakarya lanjutan di desa masing-masing untuk mengambil lagkah-langkah nyata untuk mewujudkan komitmen awal menjadikan Lombok Barat secara umum total coverage 100% Posyandu keluarga. Hal ini kita laukan bersama tidak lain hanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dasan Tapen dengan setingi-tingginya, imbuhnya. (#eMZet)

Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *