LOGO dikes
Beranda > Berita > Dikes Tingkatkan Kompetensi Kader Posyandu Dengan Isi Pringku, Guna Percep…
Informasi Kesehatan

DIKES TINGKATKAN KOMPETENSI KADER POSYANDU DENGAN ISI PRINGKU, GUNA PERCEPAT PENURUNAN STUNTING LOBAR

Posting oleh dikeslobar - 7 April 2023 - Dilihat 267 kali

Lombok Barat - Prevalensi Stunting di Lombok Barat setiap tahunnya terus mengalami penurunan, dari tahun 2021 angka Stunting sebesar 22,71 %, terus menurun hingga saat ini sesebar 13,63% dari data e-ppgbm hasil bulan penimbangan februari 2023 lalu. Upaya menurunkan Stunting di Lobar terus diupayakan dengan konvergensy dan integrasi program serta kerjasama semua lintas sektor terkait.

Tahun 2023 ini Dikes Lobar bekerjasama dengan Yayasan Masayarakat Peduli menggelar proyek percontohan studi Program Komunitas ISI PIRINGKU di Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam study komunitas ini, salah satunya Pelatihan Kader Posyandu terkait Isi Piringku, di kantor desa Suka makmur tanggal 3-6 April 2023.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan dan memperkuat pengetahuan dan ketrampilan Kader Posyandu tentang ISI PIRINGKU, Pola Asuh yang benar, Sanitasi dan PHBS yang baik dan 5 Meja Posyandu sebagai upaya inovatif-promotif-preventif pencegahan stunting menuju periode Generasi Emas 2045dengan dampak program yang terukur. Pemateri kegiatan ini dari Dikes Lobar Wine Frida DP selaku Kabid Kesmas, Edi Setiabudi dari Penyehatan Lingkungan dan dari Promkes Lobar serta M.Husni Kepala Puskesmas Dasan Tapen. Juga tampil memberikan pembekalan tentang Pola Asuh dan Pernikahan Dini Erni Suryana dari DPPKBPPPA Lobar.

Seusai mengikuti dalam pelatihan ini, para kader didampingi dalam melakukan praktek edukasi di posyandu masing-masing ole Tim Yayasan Masyarakat Peduli yang pendanaannya di support oleh DANONE Indonesia. (#promkes).


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *